Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jitu Sewa Kantor dengan Dana Terbatas di Kawasan Senayan

 

Informasi Cara Jitu Sewa Kantor dengan Dana Terbatas di Kawasan Senayan
(Logo: https://www.sewakantorcbd.com/)

PeluangTerkini.com - Senayan merupakan kawasan penting di Jakarta karena terdapat gedung iconic seperti Gelora Soekarno dan Gedung DPR/MPR RI. Untuk memiliki kantor dengan lokasi yang strategis, kamu bisa segera sewa kantor Senayan agar kantormu bisa dikelilingi oleh gedung-gedung penting pencakar langit.

Dari sekian banyak gedung yang tersedia untuk disewa, kamu bisa memilih Menara Mandiri sebagai gedung yang perlu kamu pertimbangkan. Terletak di kawasan pusat bisnis, kamu bisa menjangkaunya dengan mudah karena dekat dengan transportasi umum seperti MRT dan Busway. 

Kamu juga bisa mengunjungi pusat perbelanjaan, seperti Pacific Place, FX Sudirman, sampai Plaza Semanggi untuk memenuhi kebutuhan. Bahkan jika rekan bisnismu perlu menginap, banyak hotel yang bisa dijangkau dengan jalan kaki yaitu Alila SCBD dan Fairmont.

Lokasi yang strategis dengan fasilitas yang fantastis tentu harus dibayar dengan harga yang tidak murah. Tapi bagaimana jika kamu hanya mempunyai dana yang terbatas? Simak ulasan berikut untuk mendapatkan kantor terbaik sesuai anggaran.

1. Gali Informasi Secara Mendalam dan Lakukan Survey

Saat ini banyak penyedia aplikasi maupun website yang menawarkan beragam pilihan sewa kantor terutama di kota-kota besar. Fiturnya pun sangat lengkap dimana kamu bisa melihat harga, luas ruang, hingga fasilitas yang tersedia.

Pastikan kamu membandingkan beberapa gedung pilihan dan perhatikan pula terkait kemudahan akses menuju gedung. Setelah itu, kamu bisa mendatangi gedung secara langsung agar bisa menilai lebih jauh bukan hanya sekadar melihat dari foto.

2. Sesuaikan Konsep Sewa Kantor dengan Kebutuhan

Sadari jika kamu memiliki dana terbatas maka tidak perlu terlalu memaksakan untuk mendapatkan spesifikasi yang terlalu tinggi. Semakin tinggi spesifikasinya tentu kamu juga harus merogoh kantong lebih dalam lagi sehingga dapat menambah beban anggaran.

Alih-alih memiliki kantor private, kamu bisa mencoba berbagi ruang kerja dengan memilih konsep sewa yang disebut co-working. Kamu bisa menyewanya dalam jangka waktu tertentu, bahkan jika hanya ingin beberapa hari saja dengan harga yang amat terjangkau.

Apalagi jika kamu belum terlalu membutuhkan pertemuan rutin, konsep sewa coworking akan sangat penting untuk menekan pengeluaran. Kamu bahkan bisa mendapat banyak manfaat seperti menambah relasi bisnis dengan sesama pekerja di ruangan bersama tersebut.

Konsep sewa lain yang bisa kamu coba adalah virtual office, yakni menggunakan alamat suatu gedung sebagai alamat kantormu. Meski terlihat seperti kantor bayangan karena kamu tidak menggunakan fasilitas fisik di gedung itu, kamu harus tetap membayarnya.

Tentu dengan harga yang amat terjangkau, kamu bisa mendapatkan alamat kantor yang elit yang dapat menambah kredibilitas bisnis. Selain penggunaan alamat, pihak penyedia juga memberikan fasilitas penerimaan aktivitas surat dan layanan resepsionis untuk bisnismu.

Virtual office juga memberikan ruang meeting yang bisa kamu gunakan meski jumlah waktu penggunaanya dibatasi selama masa sewa. Kamu bisa menyulap ruang meeting itu sedemikian rupa sesuai kebutuhan jika memiliki proyek yang sifatnya penting.

3. Lakukan Negosiasi Sebaik Mungkin Sebelum Menandatangani Kontrak

Negosiasi pada perjanjian kontrak sewa kantor adalah suatu kewajiban, apalagi jika kamu hanya memiliki dana yang terbatas. Bahkan jika perlu, kamu bisa mengajak pengacara atau agen properti untuk melakukan negosiasi dengan baik. 

Dengan menggunakan jasa negosiator, kamu bisa mendapatkan tawaran harga yang lebih rendah daripada yang ditawarkan sebelumnya. Apalagi pihak negosiator yang berpengalaman biasanya lebih detail mengenai poin-poin yang disebutkan dalam kontrak.

Poin penting selain harga sewa adalah mekanisme perjanjian pembatalan dan diperbolehkannya pindah tangan sewa ke pihak lain. Bagian ini bisa jadi penting jika ternyata kamu tidak mendapat kenyamanan dengan gedung yang sudah kamu sewa tersebut. Atau ada suatu hal yang mengharuskanmu pindah ke lokasi lain, sehingga kamu tidak terlalu rugi.

Belum lagi jika kamu memiliki masalah terkait pembayaran, maka perlu menambahkan klausul mengenai perbaikan kerja sama. Bagian ini penting untuk disertakan pada kontrak sehingga kamu akan mendapat perpanjangan waktu untuk membayar.

Bagian lain yang bisa kamu sertakan pada perjanjian sewa adalah diperbolehkannya menyewa bersama pihak lain. Cara ini sebenarnya hampir mirip dengan konsep sewa co-working, hanya saja pembagian ruang dan fasilitas bisa kamu atur sendiri.

Misalnya ketika kamu sudah menyewa Serviced Office, tapi ternyata ada pihak lain yang juga menginginkan kantor itu. Untuk berjaga-jaga kamu harus menambahkan klausul tentang kerja sama dengan pihak lain pada saat negosiasi.

4. Memanfaatkan Relasi

Jika kamu memiliki banyak koneksi yang berhubungan dengan keperluan sewa kantor, kamu tidak boleh melewatkannya. Mintalah bantuan pada teman atau rekan kerjamu untuk mendapatkan perbandingan harga hingga harga termurah untuk sewa kantor.

Rekomendasi dari penyewa ruang kantor sebelumnya juga bisa memberikan kemungkinan agar penyedia sewa memberikan harga yang lebih terjangkau. Orang dalam yang telah menyewa ruang kantor itu juga bisa menjadi sumber informasi mengenai diskon dan promo sewa. 

5. Perhatikan Biaya Tersembunyi 

Tidak semua penyedia sewa mencantumkan harga sewa lengkap dengan biaya pemeliharaan dan fasilitas tambahan tertentu. Misalnya ketika kamu harus menanggung biaya maintenance harian untuk listrik, akses internet, air, hingga saluran telepon.

Pastikan kamu mendapatkan rinciannya sehingga bisa menjadi pertimbangan kemungkinan terjadi pembengkakan anggaran. Meski terkesan kurang praktis, biaya pemeliharaan sebenarnya bisa membuatmu lebih hemat dengan menggunakannya benar-benar hanya sesuai kebutuhan.

Sekian cara jitu sewa kantor yang bisa kamu gunakan ketika memiliki anggaran perusahaan yang terbatas. Tidak perlu khawatir, karena kamu masih bisa memaksimalkan dana minim untuk fasilitas yang masih memadai. 

Posting Komentar untuk "Cara Jitu Sewa Kantor dengan Dana Terbatas di Kawasan Senayan"